1. Makanan


Soto Betawi
 
Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Seperti halnya soto Madura dan soto sulung, soto Betawi juga menggunakan jerohan. Selain jerohan, seringkali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, torpedo, dan juga hati.


Rendang

Yang pertama, makanan ini datangnya dari provinsi Sumatera Barat, Padang. Ya siapa yang tak kenal makanan yang satu ini. RENDANG. Tak perlu jauh-jauh untuk mencicipi makanan ini sampai ke Padang, karena di tiap rumah makan padang yang hadir di pinggir-pinggir jalan, makanan lezat ini pun sudah bisa kita temukan dengan mudah. Rendang ini adalah daging dengan balutan bumbu yang terasa pedas dan rasa rempah-rempahnya sangat dominan, dijamin akan menggoyang lidah anda. Yang saya tahu dalam mengolah masakan ini, semakin lama daging nya tersebut dimasak akan semakin enak, karena daging akan menjadi semakin lunak dan bumbunya pun semakin meresap. Dengan terpilihnya Rendang sebagai salah satu makanan indonesia yang terkenal di dunia kita boleh saja bangga. Makanan Rendang yang merupakan kuliner khas Sumatera Barat itu sempat berada di posisi 1 dari 50 nama makanan terenak yang berasal dari seluruh dunia.

Sate

Sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging yang dipotong kecil-kecil,dan ditusuki dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari lidi tulang daun kelapa atau bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Daging yang dijadikan sate antara lain daging ayam, kambing, domba, sapi, babi, ikan, dan lain-lain.

Sate kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate. Di Indonesia, sate dapat diperoleh dari pedagang sate keliling, pedagang kaki lima di warung tepi jalan, hingga di restoran kelas atas, serta kerap disajikan dalam pesta dan kenduri. Resep dan cara pembuatan sate beraneka ragam bergantung variasi dan resep masing-masing daerah. Hampir segala jenis daging dapat dibuat sate.
Sebagai negara asal mula sate, Indonesia memiliki variasi resep sate yang kaya. Biasanya sate diberi saus. Saus ini bisa berupa bumbu kecap, bumbu kacang, atau yang lainnya, biasanya disertai acar dari irisan bawang merah, mentimun, dan cabai rawit. Sate dimakan dengan nasi hangat atau, kalau di beberapa daerah disajikan dengan lontong atau ketupat.

Nasi Goreng
 

Kemudian ada makanan yang sangat simpel dalam mengolahnya yaitu NASI GORENG. Makanan ini dikenal sebagai makanan nasional Indonesia. Nasi goreng ini juga biasa dijadikan sebagai menu sarapan di keluarga orang-orang Indonesia. Makanan ini identik berwarna kecoklatan karena biasanya digoreng dicampur dengan kecap. Bahkan di zaman yang serba instan ini pun sudah dijual bumbu nasi goreng dalam bentuk bubuk instan, jadi kita tidak perlu mengulek bumbu seperti cabe, bawang putih, bawang merah, garam dan penyedap rasa dengan susah-susah. Nasi goreng sudah banyak memiliki variasi dari yang hanya dilengkapi dengan telur saja, kini terdapat nasi goreng ayam, nasi goreng seafood, bahkan nasi goreng kambing tergantung selera masing-masing. Banyaknya variasi jenis Nasi Goreng yang dapat ditemukan di Indonesia merupakan ekspresi kreativitas masyarakat Indonesia dalam meracik kreasi jenis kuliner dengan aneka citarasa, baik dari pengaruh bahan dasar lokal maupun pengaruh citarasa masakan internasional.
Bakso 
                                                       

Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang paling lazim dalam masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran. Berbagai jenis bakso sekarang banyak di tawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan dan mall-mall. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.